Musikalisasi Puisi Bahasa Indonesia

15.39

Assalamualaikum :)

Hari ini entah kenapa pengen banget nulis di blog. Tapi mau nulis review lagi nggak mood. Ya akhirnya cerita-cerita tentang sekolah aja deh.


Dulu pas kelas 3 SMP, aku pernah dapat tugas Musikalisasi Puisi. Sebelumnya udah pada tau belum, apa itu musikalisasi puisi?
Musikalisasi puisi adalah penyampaian puisi dengan cara dinyanyikan atau dengan iringan musik.

Nah berhubung aku nggak bisa main alat musik, akhirnya aku pilih cara pertama. Kan susah ya baca puisi yang dilagukan. Supaya mudah, cari aja satu lagu yang kita suka, terus dari lagu itu dibuat puisinya.

Dulu entah kenapa aku suka lagunya Rossa yang judulnya Aku Bukan Untukmu. Nah dari lagu itu terus aku buat deh puisinya, dan inilah dia puisi yang aku tampilkan di depan kelas, untuk pengambilan Musikalisasi Puisi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SMP x)

INDONESIAKU

Dahulu kau begitu indah
Alammu begitu permai
Terhampar sawah dan ladang
Kemakmuran bagi petani

Sumber alam banyak kau miliki
Budayamu beraneka ragam
Hutan tropis sering dijumpai
Menambah asri Indonesiaku

Sekarang kau telah berubah
Alammu tak seindah dulu
Hutan ditebang secara liar
Banjir pun kini menghampiri

Maafkan aku negara Indonesiaku
Ku tak bisa menjaga alammu
Tapi kini ku janji tuk jaga dirimu
Untuk negeriku yang amat kucinta
Indonesiaku...

You Might Also Like

0 komentar